Program Studi S1 Pariwisata

Profil, Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran pencapaian yang dimiliki oleh Program Studi S1 Pariwisata

Profil S1 Pariwisata

Program Studi S1 Pariwisata adalah salah satu program studi yang bernaung dibawah Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram dan merupakan program studi pariwisata jenjang sarjana pertama di NTB. Program studi ini terbentuk berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 416/KPT/1/2017. Program studi pariwisata merupakan penyesuaian terhadap perkembangan pariwisata, kebutuhan industri, kebutuhan SDM pariwisata, persaingan global dan kemajuan IPTEK. Untuk memenuhi perkembangan tersebut pada Program studi S1 Pariwisata dilaksanakan program  pendidikan dengan menerapkan kurikulum berbasis revolusi industri 4.0 dengan penerapan berbagai model pembelajaran berbasis digital. Program peningkatan skill kepariwisataan melalui kuliah berbasis praktikum, project dan problem based learning (PBL), studi lapangan, wisata karya, kuliah kerja nyata (KKN) dan on the job training (OJT) baik di dalam maupun luar negeri.

Visi Prodi S1 Pariwisata

Program Studi S1 Pariwisata unggul berbudaya untuk menghasilkan SDM pariwisata yang profesional dan berdaya saing.

Misi Prodi S1 Pariwisata

  1. Menyelenggarakan kegiatan tridarma dengan prinsip budaya mutu.

  2. Membangun dan menjaga jejaring kerja sama yang saling memberi manfaat baik secara nasional maupun internasional.

  3. Mewujudkan tata kelola dan budaya layanan akademik yang profesional  sehat, efektif dan akuntabel

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Pariwisata yang unggul dan berbudaya dengan menguasai berbagai kompetensi di bidang pariwisata.

  2. Menciptakan lulusan Sarjana yang mampu berdaya saing dalam berbagai bidang pekerjaan pada industri pariwisata, bidang akademik maupun pemerintahan.

  3. Memperkuat jaringan melalui kerjasama dengan berbagi mitra dalam rangka meningkatkan peran sebagai sebagai penggerak pembangunan SDM Pariwisata.

  4. Menciptakan layanan prima kepada seluruh civitas akademik pada program studi.

Sasaran

  1. Terwujudnya kualitas lulusan Sarjana Pariwisata yang menguasai bidang keilmuannya, mampu berinovasi dan dapat terserap di berbagai sektor pariwisata.

  2. Terwujudnya jaringan kerjasama yang kuat dengan mitra dari berbagai bidang.

  3. Terwujudnya layanan yang prima kepada seluruh civitas akademik pada program studi.

Profil & Profesi Lulusan

Profil lulusan S1 Pariwisata  Sekolah Tinggi Pariwisata  yang dihasilkan  adalah  sebagai berikut :

  1. Dececion maker  industri pariwisata

  2. Peneliti bidang kepariwisataan

  3. Community leader  pariwisata

  4. Konsultan bidang pariwisata

 

Untuk mendukung profil tersebut, setelah menyelesaikan pendidikan mahasiswa memiliki kemampuan sebagai berikut :

  1. Memiliki kemapuan leadership dalam pengambilan keputusan dalam industri pariwisata denganmenerapkan prinsip manajemen kepariwisataaan

  2. Memiliki kemapuan metodologi dan memiliki kepekaan terhadap masalah kepariwisataan baik lokal, nasional dan internasional

  3. Memiliki kemapuan dan strategi dalam merencanakan, mengelola dan mengembangkan produk pariwisata

  4. Mampu merencanakan program dan mampu mengendalikanprogram serta memberikan solusi dalam bidang kepariwisataan

 

Dengan profil Program  Studi S1  Pariwisata  lulusannya  memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Pariwisata dengan segala implikasinya, dengan Profil.

  1. Dececion makerindustry pariwisata dimana lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan pengambilan  keputusan penting dan strategis dalam berbagai posisi di industri pariwisata, mengisi   posisi pada level manajer, midle manajemen maupun top manajemen di industri maupun instansi kepariwisataan, memiliki kemampuan dalam menyusun konsep dan kebijakan bidang kepariwisataan.

  2. Peneliti bidang kepariwisataan bidang pariwisata lulusan yang dihasilkanmemiliki kemampuan analisis data kuantitatif dan kualitatif, pengembangan metode serta mampu berkerjapada litbang kepariwisataan pada tingkat nasional maupun daerah, memiliki kemampuan dalam mengestimasi secara statistik kepariwisataan, menganalisis potensi pariwisata, pengembangan pariwisata dan analisis pasar pariwisata.

  3. Community leaderlulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan dalam mengelola sumber daya manusia maupun sumber daya produkpariwisata, pemasar produkbarang dan jasa pariwisata, memiliki kemampuan dalam membangun , pengelolaan keuangan dan aset pariwisata baik berupa benda maupun tak benda.

 

Konsultan bidang Pariwisata lulusan yang dihasilkan mampu mmemberikan konsultasi, desiminasi , advokasi dalam upaya pengembangan objek daya tarik wisata dengan segala implikasi yang ditimbulkan dari upaya pengembangan,  dengan  keahlian yang bisa mengisi bidang pekerjaan  sebagai konsultan kepariwisataan.